Teknologi septictank dosen unpar

Mengetahui Tehnologi Septictank Penemuan Dosen Unpar yang Dipakai di Barito Timur

Teknologi septictank dosen unpar

Dinas Kesehatan Barito Timur bersama TNI memberikan fasilitas program Kementerian Kesehatan berbentuk penerapan tehnologi pas buat (TTG) TTG sanitasi yang diberi nama RPS (Repeated Processing Septictank)

Pada 2021 ini ada 3 dusun di Barito Timur mendapatkan program yang ditangani secara swakelola itu yaitu Dusun Pinang Tunggal, Tuyau dan Dusun Kupang Bersih di Kecamatan Pematang Karau. Tiap dusun memperoleh instalasi RPS sekitar 12 buah.

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan, Untung Suhari menerangkan, RPS ialah pengembangan septictank yang sudah dianggap oleh Kementerian Kesehatan dan direferensikan pemakaiannya di wilayah detil seperti permukiman air pasang kering, tepian sungai dan rawa dengan rumah mode pentas.

“RPS ini sebagai TTG yang dibuat Kepala Laboratorium Hidrolika dan Hidrologi Fakultas Tehnik Kampus Palangka Raya, Dwi Anung Nindito bersama mahasiswa fakultas tehnik. Penemuan ini sudah dipatenkan di tahun 2018,” bebernya, Senin, 8 November 2021.

Menurut dia septictank yang dibuat dari pipa paralon itu bekerja dengan lakukan mekanisme pembelahan padatan dan cairan sampah tinja secara berkali-kali dengan perpanjang proses pemrosesan.

RPS dibuat kedap air dan proses pemrosesannya dilaksanakan secara anaerobik. RPS diperlengkapi dengan pipa sirkulasi media filter setiap unit prosesnya dan lubang penguras lumpur tinja pada bagian pembuangan dan perangkat yang sanggup mematikan bakteri bakteri.

“Langkah kerjanya yakni, tahapan pertama pertama ialah proses endapan tinja secara vertikal ke bawah berdasar style gravitasi,” tuturnya.

Seterusnya pada tahapan ke-2 tinja diolah secara berulang-ulang ditabung 2 dan selanjutnya. Pada tahapan ini terjadi proses biologis berbentuk pembusukan oleh bakteri pemecah.

Pada tahapan ke-3 terjadi proses sterilisasi di bagian yang diperlengkapi feature elektroda yang bisa menghidupkan medan listrik untuk membunuh mikroorganisme bakteri.

“Dan tahapan akhir yakni proses pengurasan bila septictank telah penuh . Maka pada dasarnya langkah operasionalisasi RPS sama dengan septictank secara umum, cuma mekanisme pembelahan padatan dan cairan sampah yang sedikit berbeda,” pungkas Untung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.